Label

Apa itu Deep web dan cara memasukinya aplikasi android yang terbaik dan gratis untuk Hack Bahasa Pemrograman untuk Hacker Belajar dan mengetahui macam macam PORT jaringan Belajar dasa dasar cmd di windows Belajar kali linux untuk Hacking Cafe cara / tips melihat kata sandi facebook Cara atasi ngelag di mozila Cara Back Up HP secara aman tanpa harus proses Rooting Cara belajar potoshop dengan mudah Cara bobol Deepfreeze cara dan tips membedakan facebook asli dan pishingan ( jebakan ) Cara hack facebook dengan mudah Cara hack menggunkan keylogger Cara hack password WIFI dengan Wireshark Cara hack Sms dengan HP Jadul Cara kerja internet Cara melihat keamanan komputer di Warnet Cara melihat No. IMEI Hp serta fungsinya Cara melihat PC yang terhubung dalam satu jaringan LAN cara membuat password yang tidak mudah di hack Cara membuat serangan DDOS cara memebersihkan virus laptop atau komputer dengan mudah Cara mempercepat browser anda dengan mudah dan gampang Cara mengetahui Mother Board tanpa harus buka / bongkar laptop / Komputer Cara menghemat baterai HP android ampuh 100% cara mengintip kepoin IP Public website orang lain Cara pencairan BPJS online dengan baik dan benar Cara tips dan trik bobol deepfreeze Dasar dasar belajar corel draw Dll Film yang bagus dan cocok untuk calon hacker gambar Hack komputer yang di Password Hacking adalah seni Hacking dasar untuk belajar Hack IP addres pengetahuan dasar Hacking jaringan dasar komputer untuk pemula kelebihan dan kekurangannya kerusakan / masalah yang sering terjadi di HP samsung android kerusakan pada laptop dan cara memperbaikinya Keuntungan dan kerugian Root HP android MAC OS & LINUX Masalah yang umumterjadi di HP Xiomi dan cara memperbaikinya melihat IP address Komputer yang sedang aktif dalam satu jaringan ( LAN ) membuat surat lamaran kerja pdf 300 kb via email Mempelajari mempelajari router mikrotik untuk mengenal lebih jauh tentang jaringan mengenal dan Pengertian software serta gmabarnya mengetik dengan sepuluh jari pengertian tentang sistem operasi linux Pengertian fitur NFC di Hp android dan fungsinya Pengertian Hardware secara lengkap fungsi Pengertian Internet perpus sejarah Internet dan penemunya step by step atau langkah demi langkah sebelum melakukan Hacking System Operasi Kebal Virus Trik cara hacking di HP Wifi gratisan rentan Hack

Mempelajari macam macam PORT jaringan

Advertisemen


Blogsofthard | Blog | Software | Hardware | Computer | IT | Network | Android | Hacking | Cracking | Tutorial | Tips and Tricks | Best |...


Apakah kalian tahu apa itu PORT dalam sebuah jaringan ?
PORT itu sangat penting kawan jika kalian sudah mengerti  maka kan tahu sendiri setelah mempelajari PORT.
            Oke langsung saja saya akan jelaskan pengertian PORT dan jenis-jenisnya.
PORT adalah Mekanisme yang memberi izin sebuah komputer untuk mendukung beberapa koneksi dengan komputer yang lainnya dan program di dalam jaringan.

1. Port 21
Port 21 ini digunakan untuk menghubungkan FTP Server. FTP adalah kependekan dari File Transmission Protocol, yang merupakan protocol standar yang digunakan dalam hal berbagi atau sharing file, yang banyak digunakan pada jaringan LAN.

2. Port 22
Port 22 ini digunakan untuk mengaktifkan SSH atau Secure Shell pada jaringan komputer, biasanya digunakan untuk meremote komputer dari jarak jauh dengan aman.

3. Port 23
Port 23 dikenal dengan nama port telnet,  dikarenakan Port 23 ini membantu setiap komputer dapat saling terhubung dengan menggunakan basis protocol telnet. Telnet adalah kependekan dari Telecommunication Network, yang memungkinkan sebuah jaringan atau koneksi jaringan dibangun (established) secara remote.

4. Port 25
Port 25 ini merupakan port yang digunakan cukup penting dalam pengiriman data lewat Email. port ini berperan untuk menghubungkan dan membangun sebuah network atau jaringan yang menggunakan protocol SMTP. SMTP adalah kependekan dari Simple Mail Transfer Protocol, yang merupakan salah satu protocol yang digunakan untuk berkirim email antar jaringan.

5. Port 2525
Port 2525 ini sebenarnya merupakan sebuah prot logic alternatif bagi SMTP atau Simple Mail Transsfer Protocol. Sama seperti fungsi port 25, port 2525 ini  gunanya adalah untuk menghubungkan komputer atau client yang akan saling berkirim pesan atau email melalui protocol SMTP dalam proses transmisinya.

6. Port 110
Port 110 sama seperti fungsi port 25 dan juga port 2525, hanya saja bedanya, port 110 ini melayani konektivitas jaringan yang menggunakan protocol POP3 atau Post Office Protocol ataupun IMAP4 (Internet Message Access Protokol).
Fungsi dari kedua protocol tersebut adalah untuk menerima email dan juga mengakses mail box pada sebuah email. Jadi apabila Anda ingin mendownload dan juga melihat sebuah pesan email menggnakan protocol POP3 ataupun IMAP4, maka pastikan port 110 ini sudah terhubung dengan komputer atau gadget anda.

7. Port 119
Port 119. Port ini sanagt berperan untuk mengakses dan membangun sebuah jaringan yang terhubung dengan NNTP Server, yang merupakan sebuah protocol yang terhubung dengan sebuah server news atau berita di dalam suatu jaringan komputer.

8. Port 389
Port 3389. Port ini merupakan port yang melayani koneksi LDAP atau Directory Access Protocol. LDAP merupakan sebuah protocol yang banyak digunakan untuk melakukan akses terhadap direktori atau nama, serta telepon dan juga alamat.

9. Port 3389
Port 3389, port yang dikhususkan untuk melakukan remote desktop. Namun spesialisasi dari port ini dalam melakukan remote desktop hanya terdapat pada WinX saja.

10. Port 143
Port 143 merupakan port yang melayani IMAP4 server. IMAP merupakan kepenedkan dari Internet Messaging Access Protocol, yang banyak digunakan untuk mengambil internet mail. Sama dengan port 110, namun bedanya yaitu port 110 ini hanya melayani pengambilan informasi atau email menggunakan server IMAP4 saja, dan tidak dengan POP3.

11. Port 44
Port 443 merupakan port yang digunakan untuk menjalankan sebuah server yang aman atau SSL (Secure Server Layer). Apabila anda ngin membangun sebuah koneksi dengan menggunakan sebuah server secara aman, maka nantinya jaringan anda akan menggunakna port logic yang satu ini.

12. Port 445
Port 445 ini banyak digunakan ketika sebuah jaringan komputer ingin melakukan sharing printer, sharing resources, dan sebagainya dalam waktu bersamaan. Namun kelemahan dari sharing resources, file dan juga hardware menggunakan port ini adalah port ini merupakan salah satu port yang rentan terhadap worm dan juga virus.

13. Port 1503 dan Port 1720
Port 1503 dan juga port 1720. Kedua port ini berfungsi untuk melakukan koneksi dengan Microsoft NetMeeting dan VOIP. Dengan menggunakan port ini , maka anda dapat melakukan panggilan telepon dengan menggunakan internet.

14. Port 5631
Port 5631 merupakan port logic pada sebuah jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungan jaringan dengan PC Anywhere.

15. Port 5900
Port 5631 ini merpakan port yang ada pada jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan VNC atau Virtual Network Computing, VNC fungsinya adalah untuk melakukan pengontrolan terhadap server secara remote atau jarak jauh.

16. Port 3306
Port 3306 merupakan port yang biasa digunakan para programmer untuk melakukan proses manajamen basis data atau database, karena port 3306 in imerupakan port yang terhubung dengan aplikasi MySQL.

17. Port 80
Port 80 merupakan jenis port yang ada di dalam sebuah jaringan yang banyak digunakan sebagai port dalam mengkoneksikan web server. Web server sendiri merupakan sebuah server yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan sebuah website atau situs tertentu. Untuk dapat menghubungkan koneksi antara client dengan web server, maka port 80 ini dibutuhkan.
18. Port 81
Port 81 merupakan alternative dari penggunana port 80. Jadi secara fungsional dan juga kegunaan, prot 81 ini merupakan port yang digunakan untuk menghubungkan web server atau membangun sebuah jaringan yang langsung berhubungan dengan web server.


Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 BLOGSOFTHARD - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger